Loker Pengajar Bahasa Jepang untuk Proyek 4 Bulan

Lowongan kerja presenter bahasa Jepang

INTERPRETER GADUNGAN – Pernah mendengarkan seorang MC atau presenter dalam membawakan suatu acara dalam bahasa Jepang? Pernah. Dimana? Di TV dan juga beberapa acara saat di Jepang dulu. Dalam bahasa Jepang disebut Shikai.

Membutuhkan MC bahasa Jepang

Jika di Indonesia aku belum pernah mendengar atau melihat langsung.

Pekerjaan lain selain Interpreter

Ternyata, orang yang bisa berbahasa Jepang bisa juga lho menjadi seorang MC yang cuap cuap diatas panggung. Apalagi jika orang tersebut mempunyai karakter atau sifat yang lively dan kocak. Nggak perlu kocak, tapi dia bisa membawakan acara agar lebih hidup dan berjalan dengan lancar juga sudah cukup kok untuk menjadi seorang presenter dalam bahasa Jepang.

Dimana mencari MC?

Jika mendengarkan presenter dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris, mungkin kita bisa mengambil orang orang tersebut dari dunia radio karena banyak dari mereka yang bisa bahasa Inggris. Pembawaan penyiar radio yang asyik dan juga pastinya suaranya yang renyah ditelinga membuat siapapun akan suka mendengarkan suara yang dikeluarkannya. Tapi jika bahasa Jepang?

Aku dulu punya senior yang juga seorang MC di daerah Daarut Tauhid, Bandung. Saat itu dia bercerita bahwa dia seorang MC dan juga bisa bahasa Jepang. Wah, perfect sekali ya, soalnya saat ini jarang sekali seorang MC yang bisa bahasa Jepang.

Bahkan kamu bisa cari mereka di kampus lho. Biasanya ada mahasiswa yang hobi atau kesukaannya cuap cuap depan orang. Kamu bisa mencarinya presenter bahasa Jepang di jurusan bahasa Jepang.

Jika kamu menjadi seorang MC atau presenterpun, setidaknya kamu harus tahu bahasa mana yang harus kamu gunakan saat menjadi pembawa acara. Karena bahasa Jepang ada beberapa jenisnya, ada bahasa sopan untuk orang lain, merendahkan diri sendiri dan bahasa yang biasa. Atau mau bahasa obrolan biasa? Jika acaranya semi formal mungkin nggak masalah, tapi jika formal, alangkah baiknya menggunakan bahasa sopan.

Karena masih sedikit orang orang yang bisa bahasa Jepang dan menjadi MC, ini kesempatan bagus buatmu untuk mencoba profesi ini. Mungkin biasanya kamu hanya seorang interpreter, kini harus mencoba profesi baru sebagai MC.

Bayarannya berapa sih jika menjadi Mc?

Jika kamu seorang MC handal dan bisa bahasa asing seperti Jepang atau Inggris, pastinya kamu akan dibayar besar. Biasanya tergantung pengalaman dan kemampuanmu. Aku pernah dengar untuk interpreter biasa yang bekerja freelance, mereka dibayar 500 ribu sampai 2 juta perharinya. Kalo kamu jadi MC, mungkin kurang lebih segitu kali ya meskipun jam kerjanya nggak seharian.

Ketika menjadi presenter, biasanya ada beberapa kualifikasi yang diminta seperti umur, apakah dia masih mahasiswa, pekerja, freelancer atau ibu rumah tangga yang bisa jadi MC sekaligus interpreter. Cocokkan saja dengan kualifikasimu. Jika ada yang kurang pas, bisa langsung menanyakan ke orang yang posting lowongan pekerjaan tersebut.

Salah satu iklan yang aku ambil dari grup penerjemah di facebook adalah seperti ini.

こんにちは Iklan diposting 3 September 2019

Dibutuhkan MC Indonesia-Jepang untuk event sebuah perusahaan di wilayah Cikarang pada tanggal 7 November 2019, dengan syarat :

– Wanita

– Usia under 35th

– Fluent in Japanese

– Tidak berhijab

Minat, hubungi 081298273444

Baca Juga:

Sedikit info, ada beberapa perusahaan yang meminta MC atau Interpreter wanita lainnya tidak berhijab. Bukan bermaksud mendiskreditkan, tapi memang mereka butuhnya orang yang nggak berhijab.