Contoh Interview Kerja dalam Bahasa Jepang beserta artinya

Contoh Interview Kerja dalam Bahasa Jepang beserta artinya

LINK UJIAN KANJI MNN 9-16 KANJI N5 WEEK 11 KANJI N5 WEEK 10 KANJI N5 WEEK 9
LINK UJIAN KANJI MINNA NO NIHONGO 9-16 DI ATAS

INTERPRETER GADUNGAN – Mau baca interview kerja dalam bahasa Jepang beserta artinya? List pertanyaan ini aku list berdasarkan hasil interview yang aku lakukan selama proses perekrutan di perusahaan Jepang ketika aku melamar sebagai staff atau interpreter perusahaan Jepang.

Contoh Interview Kerja dalam Bahasa Jepang

Aku telah membuat list pertanyaan wawancara perusahaan berupa tulisan hiragana dan juga jawabannya.

Bagus tidaknya isinya, kalian tentukan ya. Tapi aku telah membuatnya sepenuh hati saat mengerjakannya karena diharapkan interview kalian lakukan bisa berjalan lancar dan bisa diterima di perusahaan Jepang.

Sebelum ke daftar pertanyaan contoh interview dalam bahasa Jepang, sedikit cerita tentang kenapa harus masuk kerja di perusahaan Jepang?

Di Perusahaan Jepang gajinya gede

Selama bekerja di beberapa perusahaan Jepang, alhamdulillah selalu mendapatkan gaji diatas rata rata dari perusahaan lain. Sebelum komplain, aku jelaskan beberapa poin yang dianggap mengapa gaji di perusahaan Jepang cukup menggiurkan.

Baca Juga: Standar gaji interpreter bahasa Jepang berapa?

1. Besar kecilnya perusahaan

Aku pernah bekerja di perusahaan Jepang yang besar maupun kecil. Jika dibandingkan dengan posisi sama, jumlahnya gede banget. Saat masuk di perusahaan kecilpun, gajinya cukup besar meskipun baru masuk.

2. Posisi bekerja

Jika kamu bekerja di perusahaan Jepang, dimanakah kamu berdiri? Jika posisimu sebagai operator perusahaan Jepang, aku pastikan, gajimu besar kok dibandingkan perusahaan lain. Aku pernah dengar gaji awal masuk perusahaan Jepang di Indonesia (ngintip slip gaji orang lain) di MM2100 Bekasi sekitar 5 juta ke atas. Itu untuk level operator pemula lho.

Aku juga pernah menjadi interpreter di perusahaan Jepang dan gajinya gede banget (padahal baru masuk). Ukuran besar ini bagi diriku ya, soalnya mungkin bagi kalian yang dapat gaji besar tidak ada apa apanya.

Saat masuk awal di perusahaan Jepang tahun 2012 an, aku bisa mengantongi gaji perbulannya 5 sampai 6 juta perbulannya. Saat itu jadi staff pemula di General Affair.

Lalu aku juga pernah dapat double digit ketika banyak lemburan. Menarik bukan?

3. Bersyukur

Ingat, percuma gajinya 2 digit atau 3 digit jika tidak bersyukur. Jika gaji cuma sekian juta, lalu kamu banyak bersyukur, maka rasanya mungkin seperti dapat gaji besar atau serasa orang kaya. Jika kurang bersyukur pada Allah, gaji ratusan juta juga tidak berarti. Ok?

Mau tahu agar rejekimu besar? Baca artikel alwaqiah agar rejekimu semakin lancar kayak jalan tol:

Perusahaan Jepang jenjang karirnya bagus

Jika kamu masuk di perusahaan Jepang, maka jenjang karirmu kedepannya akan bagus. Struktur organisasi dan jenjang karir jelas. Mereka cukup jelas dan jarang sekali yang mengkoordinir perusahaan dengan rasa keluarga. Rasa kekeluargaan di perusahaan bagus, tapi jika mengurusnya seperti keluarga akan susah berkembang karena yang dinilai bukan kemampuanmu, tapi seberapa dekat dengan orang dalam.

Alhamdulillah jika perusahaan Jepangnya besar, maka strukturnya akan bagus, sehingga karirmu bisa tertata rapi. Amiin.

Itu bagi yang ingin berkarir di perusahaan Jepang, bagi kamu yang tidak ingin bekerja untuk orang lain, kamu bisa berusaha. Meskipun hasil awalnya sedikit, kamu bisa menentukan nasib ditanganmu sendiri. Kendali penuh dalam kehidupan.

Baca Juga: Challenge Waqiah 30 hari Benarkah dapat 16 juta?

Jika bisa bahasa Jepang semakin cemerlang

Iya, jika kamu juga bisa bahasa Jepang, maka karirmu akan cepat melesat. Siapa tahu kamu juga bisa dibisikin gaji lebih besar.

Aku pernah mengalaminya saat bekerja di perusahaan Jepang dulu. Saat aku kurang puas dengan gajiku saat itu, aku tetap bekerja dengan baik dan memberikan yang paling bagus untuk perusahaan. Setelah 6 bulan, aku negosiasi gaji dengan perusahaan yang karena bisa bahasa Jepang, aku bisa ngobrol langsung dengan presiden direkturnya yang membuat gajiku bisa naik setengahnya. Asyik kan? Alhamdulillah.

Persiapan tes dan wawancara

Tes dan wawancara setiap perusahaan berbeda beda. Ada yang membuat tes secara langsung di perusahaan, atau minta jasa lembaga tertentu untuk mengetesnya.

Aku pernah merasakan keduanya. Pernah tes di lembaga tertentu dan hasilnya diberikan ke perusahaan Jepang. Ada juga harus datang ke perusahaan tersebut dan tes dengan puluhan kandidat lainnya. Capek dan menguras tenaga. Duit? Sudah pasti.

Wawancara kerja di perusahaan Jepang

Ketika lulus tes, maka saatnya wawancara dengan pihak HRD perusahaan Jepang. Interview bisa berupa bahasa Indonesia, bahasa Inggris atau bahasa Jepang.

Aku juga pernah mengalamainya dengan 3 bahasa tersebut. Biasanya sih jika interviewernya orang Indonesia, mereka akan interview kita dengan bahasa Indonesia, tapi ketika ketemu dengan client Jepang, biaasanya langsung ganti dengan bahasa Jepang atau bahasa Inggris.

Wawancara yang sering dilakukan dengan bahasa Jepang, jika tidak bisa maka menggunakan bahasa Inggris. Sukses atau gagal? Pernah keduanya. Jika gagal, duh sedih dan sakit hati. Kita serasa orang paling bodoh. Jika ketrima, senengnya bukan main.

Baca Juga: Berapa Gaji Interpreter Bahasa Jepang?

Pertanyaan dalam wawancara dengan HRD

Selama wawancara dengan orang Indonesia, tidak mengalami masalah. Hanya saja ketika harus mengartikan dokumen bahasa Jepang yang susah dan aku nyerah dibagian kanji. Itulah saat aku bilang “Damn, bodohnya aku!”

Jika menyangkut pertanyaan dalam bahasa Jepang adalah terkait kelebihan dan kekurangan kita.

Pasti jawabnya bingung. Jika menunjukkan kelebihan kita, nanti dikira sombong. Jika menunjukkan kelemahan, maka buat apa kita memperlihatkan keburukan kita?

Tapi percayalah, tunjukkan kelebihanmu dengan baik, bukan dengan sombong. Lalu tunjukkan kelemahanmu dengan solusi juga ya, agar terlihat positif dimata orang lain.

 

Contoh Interview Kerja dalam Bahasa Jepang beserta artinya

Dimana download list interview dalam bahasa Jepang?

Isi contoh interview dalam bahasa Jepang ini hampir sama kok dengan isi interview yang mungkin akan kamu lakukan saat menggunakan bahasa Inggris.

Data data ini bisa digunakan bagi kamu yang akan melakukan interview dengan bahasa Jepang saat akan wawancara untuk tokutei ginou, dll.

Baca Juga: Berapa Gaji Kerja di Jepang?

Mau tahu seperti apa?

じこしょうかい、おねがいします。Silahkan perkenalkan diri

わたしはAndi ともうします。

35さいで、Machinary のスタッフです。

あなたは何さいですかUmurmu berapa?

35さいです。

Bagi yang ingin download, datanya yang berupa word. Jika ada yang kurang tepat, bisa infokan ya.

DOWNLOAD LIST WAWANCARA

Atau

DOWNLOAD ALL WAWANCARA

Belajar bahasa

Belajar bahasa Jepang bisa menggunakan buku minna no nihongo yang terdiri dari seri minna no nihongo 1 dan minna no nihongo 2. Buku tersebut alangkah lebih baiknya jika ada minna no nihongo pdf yang juga versi minna no nihongo 1 pdf atau minna no nihongo 2 pdf. Jadi buku MNN bisa dibawa kemanapun. Bahkan kunci jawaban minna no nihongo 1 pdf juga ada. Kini belajar minna no nihongo grammar semakin nyaman dan praktis. Nextnya, tinggal belajar dari minna no nihongo n4 pdf free download.