Belajar Sempoa Dasar bagaimana ya?

Belajar Sempoa Dasar bagaimana ya?

UJIAN MNN BAB 24 BAB 24 KIRA KIRA BAB 26 KIRA KIRA

Orang Jepang terkenal dengan cara menghitungnya yang cepat seperti orang China. Namun orang Jepang sering menggunakan teknik jarimatika, sedangkan orang china menggunakan sempoa. Lalu bagaimana cara belajar sempoa?

Meskipun China dan Jepang terkenal dengan cara berhitungnya yang cepat, tidak dipungkiri bahwa China sangat terkenal dengan alat hitung sempoanya. Bahkan beberapa lomba memperlihatkan orang yang menggunakan alat hitung sempoa jauh lebih cepat dan akurat dalam menjawab dibandingkan dengan kalkulator.

Saking pentingnya sempoa dalam alat perhitungan, tidak aneh banyak negara negara lain yang mempraktekka cara menggunakan sempoa agar berhitung semakin menyenangkan dan mudah.

Lalu bagaimanakah cara belajar sempoa dasar?

Tahapan dasar mempelajari Sempoa

Paham teknik sempoa

Sebelum lanjut untuk mempelajari sempoa, pelajari dulu bagaimana sempoa digunakan, dari mulai bentuk, jumlah dan cara berhitungnya. Dengan mengetahui hal ini, maka penggunaan sempoa dan juga berhitung dasar akan semakin mudah

Matematika dasar

Pelajarilah cara menambah dan mengurangi dari alat sempoa ini. Penggunaan sempoa yang mudah ini sangat mudah dan menarik karena kita menghitung angka dengan manik manik yang ada.

Contoh belajarnya adalah:

Cobalah melakukan penambahan tidak lebih dari sepuluh sampai lancar, lalu cobalah pengurangan kurang dari sepuluh. Jika telah lancar, maka lakukan penjumlahan dan pengurangan dengan angka yang lebih besar.

Mahir dalam perkalian

Proses selanjutnya adalah dengan melakukan proses kali. Untuk pengalian agak sedikit susah, tapi masih bisa diikuti kok. Cara pengalian adalah jumlah awal harus dikalikan jumlah angka selanjutnya.

Contoh: 5×3

Maka siswa diminta mengelompokkan angka 5 dan harus ada 3 kali. Lalu jumlahkan keseluruhan angka tersebut.

Karena cenderung butuh waktu dan angka yang banyak, maka frekuensi pengulangan juga harus lebih lama juga ya biar semakin hapal.

Menghitung tanpa Sempoa

Meskipun saat belajar angka dan perhitungan menggunakan sempoa, tujuan asli belajar ini adalah tanpa menggunakan alat hitung sempoa sama sekali.

Ketika kita sering menggunakan angka angka yang kita gunakan dengan jari dan sempoa, maka hal selanjutnya adalah kita bisa menghitung dengan tangan kita sembari membayangkan sempoa berada di tangan kita.

JIka telah bisa membayangkan angka angka dengan sempoa, maka selamat kamu telah mahir dalam menghitung dengan sempoa dengan baik.