Mengenal Lebih Dekat Tentang Penerjemah Bahasa Inggris Tersumpah

Mengenal Lebih Dekat Tentang Penerjemah Bahasa Inggris Tersumpah

INTERPRETER GADUNGAN – Mengenal Lebih Dekat Tentang Penerjemah bahasa Inggris tersumpah – Bagi seseorang yang berkecimpung di dunia bisnis perdagangan Luar Negeri terutama yang berkaitan dengan marketing biasanya membutuhkan seorang penerjemah tersumpah. Selain itu penerjemah tersumpah juga kerap kali banyak dibutuhkan oleh para pencari beasiswa ke Luar Negeri.

Mengenal Lebih Dekat Tentang Penerjemah Bahasa Inggris Tersumpah

Demikian juga dengan para penulis dan juga para pencari kerja internasional, keduanya sangat memerlukan jasa penerjemah tersumpah. Lalu sebenarnya apa sih yang disebut dengan penerjemah tersumpah? Berikut beberapa ulasan mengenai penerjemah tersumpah yang wajib untuk diketahui.

Baca Juga: Pengalaman menjadi interpreter pertama kali di Jepang

Apa Yang Disebut Dengan Penerjemah Tersumpah?

Sebelum lebih lanjut membahas penerjemah bahasa Inggris tersumpah ada baiknya terlebih dulu mengenal apa yang disebut dengan penerjemah tersumpah. Penerjemah tersumpah adalah seseorang yang berprofesi sebagai penerjemah yang sudah lulus dan telah menyelesaikan ujian kelayakan penerjemahan.

Biasanya ujian kelayakan ini diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia. Untuk kelulusan ujian kelayakan penerjemah ini seorang penerjemah harus memperoleh nilai A atau minimal memperoleh hasil ujian dengan angka 80 hingga 100. Dengan mendapat nilai kelulusan tersebut penerjemah akan mendapat legalitas sebagai penerjemah.

Baca Juga: Kode Etik Penerjemah

Mengenal Lebih Dekat Tentang Penerjamah Bahasa Inggris Tersumpah

Jadi penerjemah bahasa Inggris tersumpah adalah seseorang yang sudah lulus mengikuti ujian kelayakan dan dikukuhkan serta diambil sumpahnya oleh Gubernur DKI atau pejabat yang mewakilinya. Pengukuhan dan pengambilan sumpah tersebut dilakukan berdasarkan surat keputusan dari Gubernur DKI. Dengan SK tersebut penerjemah tersumpah dapat membuka praktek penerjemah tersumpah.

Baca Juga: Pengalaman menjadi interpreter bahasa Jepang sampai suara habis

Dalam prakteknya penerjemah tersumpah ini akan memberikan pelayanan jasa penerjemahan dokumen penting dalam bahasa Inggris. Seperti dokumen pribadi seperti ijazah, akte kelahiran, kartu keluarga, rapor atau dokumen yang lainnya yang diperlukan untuk keimigrasian.

Selain itu penerjemah bahasa Inggris tersumpah juga melayani beberapa penerjemahan dokumen bisnis. Seperti kontrak kerja maupun perjanjian-perjanjian yang lainnya yang berkaitan erat dengan perusahaan maupun aktifitas bisnis yang lainnya.

Perbedaan Penerjemah Tersumpah Dan Penerjemah Biasa

Sebenarnya antara penerjemah tersumpah dan penerjemah biasa hampir sama. Yang membedakan dari keduanya hanyalah pada legalitas saja. Namun adanya legalitas tersebut bukanlah menjadi jaminan bahwa hasil terjemahannya akan lebih berkualitas dari penerjemah biasa.

Baca Juga: Interpreter bahasa Jepang harus bisa bahasa Inggris

Demikian informasi singkat mengenai penerjemah bahasa Inggris tersumpah yang dapat membantu seseorang yang membutuhkan jasa terjemahan bahas Inggris.

AZ