Tes bahasa Jepang JLPT

Tes bahasa Jepang JLPT

INTERPRETER GADUNGAN – Japanese Language Proficiency Test (JLPT) atau dalam bahasa Jepang disebut Nihongo Nōryoku Shiken (disingkat nōken) adalah ujian bahasa Jepang untuk penutur asli non-Jepang. Misalnya, orang Indonesia yang menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa ibu mereka dan belajar bahasa Jepang, lalu ikut ujian JLPT.

Mengenal ujian bahasa Jepang JLPT

JLPT dilaksanakan 1984 oleh lembaga Japan Foundation dan organisasi pendidikan internasional di Jepang (Kokusai Kyōiku Kyōkai). JLPT telah menjadi tes atau ujian bahasa Jepang terbesar di dunia dengan ratusan ribu kandidat hingga jutaan orang setiap tahun yang mendaftar.

Sejak merebaknya virus corona di tahun 2019 dan hingga saat ini, pembelajar bahasa Jepang masih banyak dan membludak. Hal ini ditunjukkan dengan downtime server JLPT Indonesia saat pembukaan pendaftaran ujian JLPT dimulai, meski akhirnya tidak dilakukan karena orang yang kena virus corona kembali meningkat. Untuk alasan kesehatan masyarakat, ujian JLPT dihentikan sementara.
Namun, JLPT 2021 dibuka kembali pada Desember dan pra-registrasi dimulai pada 7 September 2021 ini.

Jadwal tes bahasa Jepang JLPT serentak di seluruh dunia

Ujian JLPT berlangsung serempak di seluruh dunia sebanyak 2 kali dalam setahun:

1. Minggu pertama bulan Desember hari minggu

2. Minggu pertama bulan Juli hari minggu

Tingkatan level ujian JLPT

Awalnya hanya ada 4 tingkatan dengan sebutan N 1smpai N4. Namun, sejak 2010, sistem tersebut telah dimodifikasi menjadi lima level (JLPT N1, JLPT N2, JLPT N3, JLPT N4, JLPT N5).
Tingkat pembelajar bahasa Jepang tinggi adalah JLPT N1 dan tingkat terendah adalah JLPT N5.

Berapa biaya tes bahasa Jepang JLPT

Saat mengikuti ujian JLPT, biaya yang dikeluarkan juga bervariasi menurut level yang diikuti. Semakin tinggi tes JLPT, semakin mahal harganya.
N1 Rp 190.000
N2 Rp 160.000,-
N3 Rp 140.000
N4 Rp 120.000
N5 Rp 110.000

Buku bahasa Jepang untuk ujian JLPT

Buku paket Minna no nihongo untuk belajar bahasa Jepang dasar dan menengah sangat direkomendasikan, setelah itu Anda dapat menggunakan buku lain untuk berlatih JLPT. Akan lebih baik jika kita memiliki strategi dan bank soal JLPT Pdf yang bisa didapatkan langsung dari website resminya.
Contoh soal tes bahasa Jepang N5, N4, N3 bisa didapatkan di website asli JLPT Indonesia atau JLPT luar negeri.

Sertifikat JLPT buat apa?

Jika lulus JLPT, kita akan menerima sertifikat yang membuktikan lulus ujian JLPT tingkat tertentu. Hasil sertifikat ujian JLPT diperlukan jika Anda ingin melamar pekerjaan di perusahaan Jepang, atau jika Anda ingin magang atau melanjutkan studi di Jepang.

Dengan sertifikat ini kita bisa mendapatkan keuntungan lebih, seperti lebih dekat dengan bos, berkomunikasi lebih baik dalam bahasa Jepang, gaji tinggi, lebih banyak kesempatan untuk perjalanan bisnis ke Jepang dan keuntungan lainnya.

Baca Juga: bekerja di perusahaan Jepang

Lokasi ujian bahasa Jepang JLPT

Di Indonesia, JLPT diadakan di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Medan dan Padang. Anda dapat mengisi formulir pendaftaran langsung secara online di website JLPT Test Indonesia dan website JLPT asing jika ingin mendaftar di luar Indonesia.

Panitia ujian JLPT

Panitia yang biasa menjalankan JLPT di berbagai kota di Indonesia terdiri dari beberapa kampus ternama:
1. Jakarta, Universitas Dharma Persada (telp 021-8647373)
2. Bandung, Universitas Padjadjaran (telp 022-7796388)
3. Yogyakarta, Universitas Gadjah Mada (telp 0274-7477304)
4. Surabaya, Universitas Surabaya (telp 031-7532809)
5. Denpasar, Universitas Udayana (tel. 0819-16139889)
6. Medan, Universitas Sumatera Utara (telepon 061-8223531)

7. Padang, Universitas Bung Hatta (telp 0751-444660)

Soal ujian bahasa Jepang JLPT

1. (choukai/ listening)

Uji kemampuan siswa untuk mendengar dan memahami percakapan bahasa Jepang. Kita bisa melatihnya dengan mendengarkan lagu Jepang, film Jepang atau mengobrol dengan orang yang berbahasa Jepang.

2. (moji, goi)

Uji kemampuan siswa dalam memahami penggunaan kosakata atau kotoba dan kosakata dalam bahasa Jepang. Jadi perbaiki kosakata Anda dengan sering membaca bahasa Jepang.
Bagi yang ingin tes bahasa Jepang N5 online, bisa klik di sini.

3. (bunpou / tata bahasa)

Uji kemampuan siswa dalam memahami grammar atau tata bahasa Jepang. Setiap tingkat tata bahasa berbeda, ya. Cobalah untuk belajar dari tata bahasa yang paling sederhana hingga yang paling sulit.

4. (dokkai/pengertian)

Uji kemampuan siswa dalam memahami artikel dalam bahasa Jepang. Keterampilan ini hampir mirip dengan masalah pemahaman membaca di TOEFL.
Semua aplikasi JPLT disajikan dalam bentuk pilihan 1,2,3 dan 4. Jadi, bukan dalam bentuk A, B, C, D.