10 Cara Terbaik Belajar Bahasa Jepang

10 Cara Terbaik Belajar Bahasa Jepang

INTERPRETER GADUNGAN – Bagaimanakah cara terbaik dalam belajar bahasa Jepang? Cara terbaik dalam belajar bahasa Jepang pastinya hanya kamu yang tahu. Ritme kehidupan dan cara kamu menyerap informasi akan mempengaruhi cara terbaik dalam belajar. Ada yang tipe audio, visual, kinestetik atau campuran.

Tapi, bagaimana jika masih belum menemukan cara belajar yang cocok? Jika belum, kamu bisa ikuti 10 Cara Terbaik Belajar Bahasa Jepang menurut web Japanese Word and Grammar.

1. Belajar dari frase kalimat

Menghapal satu kosakata demi kosakata memang bagus, tapi akan lebih bagus lagi kamu menghapalnya dari satu frase atau kalimat. Kamu bukan hanya menghapal satu kata, tapi beberapa kata yang menjadi kalimat utuh. Bahkan kamu bisa mengetahui makna kalimat tersebut.

Belajar kosakata dasar jadi semakin gampang karena berupa kalimat, bukan hanya satu kata yang mungkin tidak ada maknanya.

Baca Juga: Daftar Materi Bahasa Jepang

2. Tidak begitu tertarik pada grammar

Jika kamu seorang pemula, belajarlah secara utuh. tidak perlu memfokuskan pada grammar atau bunpo terlebih dahulu yang membuatmu justru tidak cepat belajar bahasa Jepang. Kamu akan selalu khawatir dibuat salah dengan grammar, sehingga kemampuanmu tidak maju.

3. Belajar mendengar terlebih dahulu

Dengarkan mp3 atau apapun, lalu ucapkan. Dengan cara mendengarkan terlebih dahulu, maka kamu berkesempatan bisa lebih banyak. Kenapa? Kamu tahu bagaimana kata tersebut dibuat dan terdengar. Dan, secara bawah sadar juga akan menstrukturisasi kalimat bahasa Jepangmu secara bagus.

4. Belajarlah secara perlahan

Kita pasti ingin sekali bisa bahasa Jepang dengan cepat. Ingat, kita bukan Sangkuriang yang membangun bangunan semalaman. Kita butuh waktu dan perlahan lahan dalam mempelajari sesuatu. Bukan karena dibuat lama, tapi dipelajari secara seksama agar bisa.

5. Baca cerita pendek Jepang

Dengan mempelajari bahasa Jepang yang berupa cerita pendek, kita bukan hanya mempelajari struktur kalimat dalam sebuah cerita, tapi juga cerita itu sendiri. Ibaratnya menyelam sambil minum air.

Bahkan, kita bisa belajar banyak hal dari cerita pendek. Grammar yang bagus, bahasa percakapan, bahasa tulis, ekspresi yang baik, dll.

Baca Juga: Download ebook belajar bahasa Jepang pdf

6. Gunakan bahasa Jepang di kehidupanmu

Jika ingin cepat bisa, maka implementasikan, integrasikan di semua kegiatanmu. Kamu bisa mendengarkan radio berbahasa Jepang, mendengarkan musik Jepang, baca berita dalam bahasa Jepang, berlatih kaiwa, dll.

Dengan mengintegrasikan semua hal dengan bahasa Jepang, maka akan semakin cepat kamu bisa bahasa Jepang.

7. Dengar dan praktekkan

10 Cara Terbaik Belajar Bahasa Jepang

Setelah kita belajar bahasa Jepang, jangan lupa untuk mendengarkan dan juga mempraktekkan dengan partnermu. Dengan melakukan praktek, maka kamu akan terbiasa mengucapkan.

Cara ini bisa digunakan bagi pembelajar pemula atau pembelajar untuk bisnis.

Baca Juga: Cara Gila Belajar Bahasa Jepang

8. Belajar bahasa Jepang Online

Jika kamu sibuk dengan kuliah, sekolah atau pekerjaan, sisakan waktu untuk belajar secara online agar kamu semakin bisa.

9. Belajar dari video

Dengan belajar dengan menggunakan video yang ada di berbagai platform, kamu akan berkesempatan besar untuk bisa karena bisa mendengar dan melihat langsung cara yang tepat bagaimana bahasa Jepang diucapkan.

Japanesepod 101 bisa jadi acuan untuk belajar bahasa Jepang. Contoh lain adalah Nihongo no mori.

Baca Juga: Buat apa belajar bahasa Jepang?

10. Menggunakan aplikasi untuk belajar

Banyak sekali aplikasi online yang ada di laptop atau handphone yang bisa digunakan untuk belajar bahasa Jepang. Anki, Lingo, Mazii, Jdict, dll.

Cara ini mirip dengan cara cepat belajar bahasa Jepang secara otodidak.

Aplikasi tersebut akan menunjang pembelajaranmu agar lebih cepat bisa.

Semoga dengan mempraktekkan cara terbaik di atas, bahasa Jepang kita semakin baik dan bagus. Amin. Ganbarimashou!