jlpt

Cara lulus tes JLPT

INTERPRETER GADUNGAN – Anda ingin tips lulus JLPT, bukan? Bagaimana cara Anda agar lulus JLPT dengan nilai bagus? Ikutilah tips lulus JLPT ini agar lancar pas ujian.

Tips untuk lulus tes JLPT

Apa itu JLPT?

JLPT adalah tes kemampuan bahasa Jepang atau Japanese language test untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan bahasa Jepang Anda. Banyak yang menyebutnya TOEFL nya dalam bahasa Inggris.

Baca Juga: JLPT Jepang Tes Jepang

Ada berapa level tes JLPT?

Tes JPLT memiliki total 5 level. Tes JLPT N5 sampai JLPT N1. Level tertinggi adalah JLPT N1.

Siswa baru yang mengambil JLPT N5 karena baru belajar dan mencari tips cara lulus N4 atau JLPT N5 sangat banyak jumlahnya.

Orang yang belajar bahasa dari awal seringkali menjadi lebih bersemangat karena mereka baru saja belajar bahasa baru. Dan biasanya mereka hanya belajar bahasa Jepang di kursus.

Baca Juga: Kursus Bahasa Jepang Sakura JLC 

Biaya JLPT JLPT?

Biaya JLPT tergantung level yang akan diambil nanti, namun biayanya kurang dari Rp. 200.000. Jika di Jepang sekitar 5000 yen. Lebih jelasnya adalah sebagai berikut:

N1 :  Rp. 250.000
N2 :  Rp. 220.000
N3 :  Rp. 200.000
N4 :  Rp. 150.000
N5 :  Rp. 140.000

Manfaat JLPT apa sih?

Jika Anda akan bekerja untuk perusahaan Jepang, hal itu akan sangat membantu. Anda akan berkomunikasi lebih baik, dicintai oleh atasan orang Jepang, dapat bepergian dengan mudah, dan mendapatkan gaji yang lebih tinggi daripada yang lain.

Jika ingin lolos JLPT maka harus memiliki strategi baik dan persiapan JLPT harus lebih matang. Seperti buku bacaan yang digunakan, memperbaiki kebiasaan belajar, tips choukai atau listening agar jelas, mengetahui jumlah soal jlpt, dll. Ingatlah bahwa kita harus membekali diri dengan soal soal JLPT agar ujian bahasa Jepang nanti bisa lulus dengan baik.

Untuk membuat belajar bahasa Jepang lebih lancar dan menarik, Anda dapat belajar di situs web NHK.

Baca Juga: 15 Website terbaik belajar bahasa Jepang

Tips lulus tes JLPT adalah sebagai berikut:

1. Harus hapal huruf katakana, hiragana, dan kanji

Karena soal ujian JLPT terdiri dari hiragana, katakana dan kanji, kita perlu mempelajarinya dengan baik. Huruf hiragana dan katakana wajib bisa 100% agar tidak mengalami kendala dalam tes JLPT. Untuk Kanji tergantung pada tingkat pembelajaran. Jika kita mengikuti ujian JLPT dengan level tinggi, jumlah kanji yang harus dipelajari juga harus bertambah. Salah satu cara untuk belajar adalah dengan membaca berita di koran, artikel, di web, cerpen, novel, lagu atau melihat subtitle film.

Baca Juga: Belajar Bahasa Jepang dengan Film Dragon Zakura

2. Belajar tata bahasa Jepang

Setelah kita mengetahui banyak kosakata, langkah selanjutnya adalah kata-kata tersebut harus disatukan agar memiliki makna yang lebih baik. Semakin sering kita berlatih merangkai kalimat dengan pola bahasa, semakin cepat kita bisa mengadopsi JLPT, lulus JLPT bukan sekedar angan-angan.

Gunakan buku-buku bahasa Jepang yang bagus untuk membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan terencana. Minna no nihongo adalah buku paket terbaik untuk belajar bahasa Jepang.

Baca Juga: Buku Minna no Nihongo

3. Perbanyak kosakata bahasa Jepang

Jika kita ingin lulus di tes JLPT, kita harus memiliki banyak kosakata tentang bahasa Jepang. Semakin banyak kosakata yang Anda diketahui, maka semakin besar peluang Anda untuk lulus JLPT nanti.

4. Pertanyaan praktis untuk JLPT

Anda harus sering berlatih di JLPT. Bisa di buku, di web atau juga di edisi tahun sebelumnya untuk membiasakan diri dengan soal JLPT nanti.

Kecepatan mengerjakan soal di JLPT juga menentukan lho. Karena waktu yang tidak banyak, Anda harus sering berlatih agar progres pengerjaan soal lebih singkat dan tepat.

Gunakan buku kerja seperti soumatome, kanzen master, dll.

Baca Juga: Rekomendasi Buku Belajar Bahasa Jepang

Semoga dengan tips dan latihan ini kita bisa melewati JLPT dengan hasil yang memuaskan.