Gaji JLPT N2 Berapa?

Gaji JLPT N2 Berapa?

INTERPRETER GADUNGAN – Gaji seorang yang memiliki sertifikat JLPT N2 berapa sih? Mungkin dari kita ada yang menanyakan hal itu. 5 Juta? 10 juta?

Beberapa lowongan kerja atau loker N2 yang aku lihat di grup bahasa Jepang atau penerjemah bahasa Jepang sering muncul. Lalu ada pertanyaan lanjutan yang ada di kolom komentar yang menanyakan berapa gaji perbulan pemilik JLPT N2.

Gaji JLPT N2 Berapa?

“Berapa gajinya?”

“Kalo kecil sih, ogah”

“Gaji N2 segitu? Merusak pasar aja”

“Yang posting loker nggak ngotak apa? N2 tuh berharga, tidak semudah itu mendapatkannya”

Ada juga yang bilang,

“tolong di cek ya kak, udah aku PM”

Gaji JLPT N2 Berapa?

Gaji pemilik JLPT N2

Bagiku, ketika ada yang yang nanya gaji pemilik JLPT N2 berapa? Tergantung. Kamu pernah mendengar cerita seorang anak dan ayah yang berbicara terkait ikan hias?

“Tawarkan ikan ini kepada orang orang berikut!”

Sang anak langsung menuju orang orang yang dituju.

Anak kecil: 2000

Ibu rumah tangga: Tidak berharga

Pedagang ikan: 10.000

Pecinta ikan hias : 100.000

Dari sedikit cerita di atas, kita bisa ambil kesimpulan, jika targetnya tidak tepat, maka bisa jadi tidak sesuai.

Bagi anak kecil yang hanya membutuhkan ikan untuk mainan, harganya sebatas 2000, itupun mungkin dengan menangis dulu ke ibunya.

Ibu rumah tangga bisa jadi tidak butuh dan tidak berharga dalam menilai ikan karena kebutuhannya beda. Ibu rumah tangga mempunyai prioritas lain yang lebih penting, makanya tidak butuh ikan hias.

Pedagang ikan mungkin membayar lebih mahal karena sedikit mengerti tentang ikan, meskipun tidak dibayar dengan sepadan.

Pecinta ikan hias akan membayar mahal karena dia tahu keindahan dari ikan hias tersebut dan jika digunakan atau dipergunakan dengan baik, bisa jadi akan menjadi aset terbaiknya.

Lalu, gaji JLPT N2 berapa? 5 juta? 6 juta? 7 juta? 8 juta?

Baca juga: Berapa gaji interpreter bahasa Jepang

Gaji interpreter bahasa Jepang

Aku beberapa kali pernah menjadi bagian di perusahaan Jepang (bekerja) sebagai staf HRGA dan juga interpreter bahasa Jepang. Gajinya berapa? Tidak besar. Saat itu gaji pokoknya sekitar 5 juta rupiah. Cuma ditambah tambahan lain seperti kesehatan, makanan, bpjs, lembur, dll akhirnya dapat lebih.

Saat itu aku masih JLPT N3. Ya, untuk dapat JLPT N2 kalo nggak salah kurang 5 poin atau 12 poin. Tapi setidaknya kamu ada gambaran tentang nanti gajimu akan berapa jika kamu punya JLPT N2.

Berikut ini adalah faktor faktor yang harus kamu perhatikan terkait gaji yang akan kamu terima jika mempunyai sertifikat JLPT N2.

Baca juga: Berapa gaji di jepang?

1. Jenis Perusahaan

Jika perusahaanmu perusahaan Jepang, maka kesempatan akan besar akan gaji tinggi karena mereka mengerti harga N2.

2. Lokasi perusahaan

Dulu aku kerja di bukan kota besar, maka gajinya tidak besar. Jika kamu bekerja di perusahaan yang ada di wilayah kota besar atau kota industri, maka gaji besar sangatlah mudah didapatkan.

3. Pengalaman

Semakin banyak pengalamanmu, maka perusahaan akan menilai kamu lebih tinggi daripada freshgraduate karena mereka berpendapat kamu telah banyak makan asam garam dalam pekerjaan.

4. Koneksi

Iya, aku pernah melihat orang orang yang mempunyai koneksi entah koneksi baik atau buruk, akan menentukan gaji juga.

Ada yang masuk perusahaan karena koneksi keluarga atau saudara, bisa jadi menggunakan harga keluarga. Apakah gajinya menjadi tinggi atau tidak? Bisa jadi besar bisa jadi tinggi.

Contohnya aku, masuk perusahaan dengan melamar, lalu interview dan akhirnya ada koneksi baik dengan direktur, lalu ketika akan pergantian kontrak kerja, aku bisa negosiasi gaji lagi dan alhamdulillah gajinya jadi jauh lebih besar dari yang sebelumnya.

Apakah fair? Jika kamu merasa kemampuanmu bagus dan memang cemerlang, kenapa nggak? Orang yang bermodalkan “cari muka” aja bisa, apalagi kamu yang cemerlang. ganbatte!

5. Performance

Untuk performance sendiri, terkadang kita bisa dilihat saat pertama kali interview apakah orang tersebut bisa diandalkan atau tidak. Biasanya orang yang mempunyai intuisi kuat bisa menilainya.

Siapa tahu dengan pedenya kamu saat interview dalam bahasa Jepang, kamu mempunyai kesempatan mendapatkan gaji yang besar.

Baca juga: Ujian bahasa Jepang JLPT apa sih?

Gaji temanku 17 juta dengan modal JLPT N2

Aku ada cerita teman yang mempunyai sertifikat JLPT N2 yang kini dia bekerja di perusahaan Jepang Karawang sebagai interpreter. Gaji sebulan dia sebesar 17 juta. Angka yang sangat besar bagiku.

Dia mungkin pantas mendapatkan gaji tersebut karena dia memang memiliki kriteria bagus dan perusahaan juga memang memperlakukan dia dengan baik layaknya seorang yang dapat N2.

Jadi, aku sih wajar jika ada yang komplain masa gaji jlpt n2 cuma 5 juta? Karena memang untuk mendapatkan jlpt n2 tidak mudah. Bayar les bahasa Jepang yang biyanga cukup mahal. Sekolah atau kuliah lama. Kita harus meneluangkan waktu berbulan bulan untuk belajar agar bisa lolos.

Lalu bagaimana bagi orang yang tetap menerima gaji kecil meskipun dapat n2? Merusak harga pasar dong. Bisa jadi, tapi coba bayangkan jika dalam posisi si pencari kerja tersebut. Dia bisa jadi telah mencari kemanapun, tapi tidak mendapatkan pekerjaan. Ketika ada lowongan n2 dengan gaji yang tidak seharusnya, akhirnya dia mengiyakan agar keluarga di rumah bisa makan.

Balik lagi ke masing masing, jika kamu suka dengan gaji n2 sekitar 5 juta, its ok. Jika kamu menolak, tidak apa kok, mungkin bukan rejekinya. Nanti pasti akan ada rejeki yang sesuai dengan kita.

Semoga informasi ini membantu.

Jika ingin download materi bahasa Jepang lain bisa klik di bawah ya.

Cara download Safelinku

Gaji JLPT N2 Berapa?