Apakah JLPT Desember 2020 diadakan?

Apakah JLPT Desember 2020 diadakan?

INTERPRETER GADUNGAN – Ketika corona masih merajalela di berbagai penjuru dunia, apakah JLPT Desember 2020 masih diadakan? Setelah dicari, ternyata masih menunggu apakah diadakan tesnya atau tidak. Tapi 4 kota di Indonesia menunggu informasi kepastian sampai Oktober nanti.

Apakah JLPT Desember 2020 ada?JLPT Tes kemampuan bahasa Jepang

Bagi yang kesehariannya berhubungan dengan bahasa Jepang, pasti kenal ujian kemampuan bahasa Jepang yang dikenal dengan JLPT (Japanese Language Profiency Test). Untuk lebih mudahnya, mereka menyebutnya TOEFL nya bahasa Jepang.
Berbeda dengan TOEFL yang mengukur bahasa Jepang seseorang hanya dengan jumlah skor, pengukuran nilai JLPT berbeda karena dibedakan ke beberapa level.
Setiap level bahasa Jepang tentunya sangat berbeda dengan kebutuhan pembelajarnya. Bagi yang masih belajar, maka JLPT N5 akan sangat cocok. Bagi yang telah mempelajari bahasa Jepang lebih lanjut, maka bisa ikut dalam tes JLPT N4, N3, N2 sampai level tertinggi N1.

Biaya JLPT 2020

Biaya tes JLPT 2020 berbeda menurut tingkatannya. Berikut adalah biaya yang harus dibayarkan jika mengikuti JLPT di Indonesia menurut data dari JLPT Indonesia:
N1 :  Rp. 220.000
N2 :  Rp. 190.000
N3 :  Rp. 170.000
N4 :  Rp. 130.000
N5 :  Rp. 120.000
Jika kita baru belajar bahasa Jepang, tapi ingin mengikuti N3 (menengah), apakah diperbolehkan? Tentu saja bisa. Tapi jika kemampuanmu belum sampai arah situ, lebih baik urungkan karena kesempatan kamu lulus akan lebih kecil. Jika hanya sekedar ingin mengetahui feelnya sih its ok, ya.

Tempat Ujian JLPT Desember 2020

Apakah JLPT Desember 2020 ada?
Informasi JLPT International
Tiap tahun, tempat tempat ujian JLPT berbeda, tergantung level yang diambilnya. Tapi biasanya hanya berada di kota kota besar Indonesia seperti:
1. Bandung
2. Surabaya
3. Yogyakarta
4. Padang
5. Denpasar
6. Manado
7. Malang,
8. Jakarta
9. Medan
10. Palembang
11. Makasar
Untuk lebih pastinya, silahkan masuk ke website JLPT Indonesia karena biasanya ada info lebih detail ketika tempat ujian telah diberitahukan.
Salah satu contoh adalah di Jakarta. Biasanya universitas yang menghandle JLPT ada di Unsada. Makanya ketika mengambil sertifikat JLPT juga bisa diambil ditempat ini. Adapun untuk registrasinya sekarang harus online, bukan lagi daftar secara langsung ditempatnya.

Apakah JLPT Desember 2020 diadakan?

Apakah JLPT Desember 2020 diadakan?
Jika merujuk pada informasi yang disampaikan Halo NihongoThe Japan Foundation Indonesia, JLPT Desember masih belum dipatikan akan ada, hanya saja, 4 kota yang kemungkinan akan mengadakan JLPT adalah Jakarta, Medan, Palembang, Makasar.
Untuk 4 kota tersebut masih belum dipastikan akan mengadakan JLPT atau tidak. Tapi jika akan diadakan, semoga saja bisa ya. Masih menunggu informasinya. Untuk kota lain seperti Bandung, Surabaya, Yogyakarta, dll. sudah dipastikan tidak menyelenggarakan JLPT karena corona yang masih belum terkendali dengan baik.

Adapun informasi yang disampaikan di halo Nihongo terkait JLPT Desember adalah berikut:

[PENGUMUMAN JLPT 2020 BULAN DESEMBER]Dengan berbagai pertimbangan, beberapa kota di Indonesia sudah diputuskan tidak akan menyelenggarakan JLPT. Informasi mengenai keputusan penyelenggaran/ pembatalan di empat kota lainnya akan diumumkan pada bulan Oktober 2020.Tetap jaga kesehatan untuk Sahabat JF.

Semoga saja 4 kota tersebut bisa mengadakan JLPT dan kita doakan pas Oktober nanti bisa ada informasi lebih jelas terkait JLPT.
Kejelasan JLPT juga masih belum ada di website JLPT Indonesia dan juga JLPT International. Bahkan ketika ditelusuri, ternyata ditunda. Tapi definisi menunda ini apakah menunda informasi sampai kondisi membaik atau menunda sampai Juli 2021 masih belum jelas.
Apakah JLPT Desember 2020 ada?
Informasi JLPT Indonesia

Meskipun tertunda, tetap belajar ya agar kemampuan bahasa Jepang kita semakin bagus. Amin.