Denah Lokasi Ujian JLPT Jakarta

Denah Lokasi Ujian JLPT Jakarta

INTERPRETER GADUNGAN – Sudah tahu dimana denah lokasi ujian JLPT Indonesia (Japanese Language Profiency Test) di Jakarta? Jika belum, aku akan infokan caranya. Satu hal yang penting, kamu harus melakukan registration atau daftar JLPT terlebih dahulu di JLPT Online sesuai waktu yang ditentukan. Biasanya sih ujian akan dilaksanakan di Unsada (Universitas Persada), universitas yang identik dengan hal hal yang berbau bahasa Jepang di Jakarta. Itu menurutku lho. Lokasinya nggak berubah sih dari tahun ke tahun, kecuali level N berapa yang akan kamu ambil. Untuk N1 dan N2 biasanya di Unsada, sedangkan N lainnya tersebar di beberapa tempat, entah di SD, SMP, SMA di kota Jakarta.

Denah Lokasi Ujian JLPT Jakarta

Baca Juga: Cara mendaftar JLPT

Strategi penting Lulus JLPT

Salah satu strategi penting agar lulus JLPT N1, JLPT N2, JLPT N3, JLPT N4, dan JLPT N5 selain belajar adalah mengetahui denah lokasi ujian JLPT. Kenapa? Karena jika kita nggak tahu lokasinya, maka kita nggak bisa ujian. Akibatnya pembelajaran siang malam yang dilakukan percuma karena nggak bisa ikutan ujian tes bahasa Jepang.

Denah Lokasi Ujian JLPT Jakarta

Bagi kalian yang butuh buku bagus untuk belajar bahasa Jepang, kamu bisa download buku Minna no Nihongo, atau juga buka web khusus membahas bahasa Jepang.

Lokasi di Jakarta adalah Unsada

Selama aku ikut ujian JLPT di Indonesia, terkhusus Jakarta, biasanya selalu diselenggarakan di Unsada (Universitas Persada). Malahan, dulu jika mau daftar JLPT harus ke kampusnya yang ada di Jakarta Timur secara langsung.

Pengambilan hasil JLPT

Denah Lokasi Ujian JLPT Jakarta

Bukan hanya daftar, untuk pengambilan hasil JLPT juga diambilnya di Unsada lho. Mau sertifikat lulus atau tidak lulus, mengambilnya di Unsada (Jurusan bahasa Jepang) dengan menyertakan bukti nomor ujian.

Lokasi tes tergantung level N

Memang benar hampir semua ujian JLPT diadakan di Unsada, Jakarta Timur, tapi jika level N yang kamu ambil JLPT N5, N4 dan N3, biasanya bukan di Unsada, tapi di instansi lain. Beberapa tempat atau denah lokasi JLPT yang aku tahu biasanya ada di SMAN 68 Jakarta,  SMPN 216 Jakarta, SDN Kenari 01 dan 08 Jakarta, SMAN 6 Jakarta, SMAN 82 Jakarta, dll.

Observasi lokasi

Jika ada waktu luang, lebih baik kamu observasi langsung ke tempat ujiannya agar pas hari H, kamu bisa lebih siap ketika akan ujian. Kamu bisa memperhitungkan jarak dari rumah ke lokasi tes, waktu yang diperlukan, naik ojek atau angkot, jika naik mobil sendiri berapa jam, pokoknya persiapkan baik baik.

Jika cukup sibuk, pas hari H, minimal kamu telah mengecek denah lokasi JLPT dengan Google Maps dengan mengetahui asumsi jarak dan waktu yang diperlukan. Sebisa mungkin jika belum observasi, satu jam sebelumnya harus sudah ada di tempat tersebut. Kenapa? Karena bisa jadi akan macet.

Bagaimanakah cara agar kita tahu dimana denah lokasi tempat ujian JLPT kita?

1. Pastikan N berapa yang telah kamu pilih

2. Lihat emailmu (Biasanya ada email dari panitia JLPT tekait denah lokasi)

Kamu cukup buka attachment yang diterima. Segala informasi telah ada di attachment tersebut.

3. Jika tidak menerima email, maka buka JLPT Online Indonesia

Denah Lokasi Ujian JLPT Jakarta

 

4. Klik “Login”

5. Isi userame dan password

Denah Lokasi Ujian JLPT Jakarta

6. Klik “Kartu Ujian”

Denah Lokasi Ujian JLPT Jakarta

7. Kamu akan melihat Nomor Ujian

Denah Lokasi Ujian JLPT Jakarta

Isi file Denah JLPT Jakarta

Jika telah menemukan nomor ujian, maka kamu download data berikut. Jika telah selesai, kamu akan mendapatkan banyak file yang terdiri dari:

1. Berkas Lamp Surat Utk Peserta JLPT Desember 2019 – PDF File

2. Denah Unsada  Lt. 1 FS-FE  JLPT-DESEMBER 2019 (N2)

3. Denah Unsada  Lt. 2 FS-FE  JLPT-DESEMBER 2019 (N2)

4. Denah Unsada  Lt. 3 FS-FE  JLPT-DESEMBER 2019 (N1 & N2)

5. Denah Unsada  Lt. 3 FTK  JLPT-DESEMBER (N2)

6. Denah Unsada  Lt. 4 FT  JLPT-DESEMBER 2019 (N2)

7. Denah Unsada  Lt. 4 FTK  JLPT-DESEMBER 2019 (N2)

8. Denah Unsada Lt. 4 Ged. Rektorat  JLPT-DESEMBER (N2)

9. Pembagian Ruang dan Lokasi JLPT Desember 2019 (ALL PER LEVEL)

Cari denah dengan nomor ujian JLPT

Buka no 9, lalu cari nomor ujianmu. Jika telah menemukan, kamu cari file selanjutanya (tergantung level N)

Menemukan map

Denah Lokasi Ujian JLPT Jakarta

Jika telah membuka denah Unsada, maka kamu akan melihat peta atau map sesuai dengan ruangan kelasmu. Bagaimana? Sudah jelas kan cara mengetahui Denah Lokasi JLPT di Jakarta? Bagi kalian yang berada di luar Jakarta, kamu bisa hubungi atau klik universitas yang menjadi partner JLPT di JLPT online Indonesia.

Untuk Informasi lebih lanjut silahkan hubungi ke nomor 081317288205 Chat WA Panitia JLPT Persada Jakarta.

Semoga lulus JLPT ya.